Rabu, 04 September 2013

Tips Usaha Cuci Mobil Motor Agar Ramai Pengunjung


Usaha cuci mobil dan motor kini mulai menjamur, tak sedikit yang mencoba peruntungan membuka usaha ini, karena untuk membuka usaha cuci mobil / motor tidaklah terlalu besar jika anda sudah memiliki tempat yang memadai. Berikut ini sedikit berbagi pengalaman saya di usaha cuci mobil dan motor :

1. Lokasi

Pilihlah lokasi yang strategis karena hal itu akan mengurangi biaya MARKETING, Buatlah PLANG atau SPANDUK yang besar dan menarik perhatian serta mudah diingat dan dibaca oleh target pasar yaitu pengunjung.


2. Promosi

Buatlah promosi yang membuat pengunjung penasaran seperti undian berhadiah, bonus cuci setelah beberapa kali kunjungan, dan kreatifitas lainnya yang bisa anda kembangkan.


3. Ruang Tunggu

Pastikan di tempat usaha cuci anda ada ruang tunggu yang nyaman, sediakan Koran, Majalah, Televisi, Koneksi Wifi atau Musik agar tidak membosankan. Jika perlu makanan dan minuman ringan (tidak harus gratis tentunya hehehe.....)


4. Kualitas Hasil Cucian

Perhatikan petugas cuci anda bekerja, buatlah SOP kerja yang anda tentukan sendiri sehingga hasil dan kualitas cucian sesuai standar dengan mutu yang baik. Karena jika anda tidak memonitor, bisa jadi hasil cucian tidak sempurna sesuai yang pelanggan harapkan dan bahan yang digunakan seperti shampoo bisa lebih boros. Ada baiknya jika usaha anda sudah berkembang, anda memiliki CCTV untuk memonitor usaha cuci anda dari jarak jauh.


5. Pelayanan

Buatlah standar keramahan yang unik di tempat usaha cuci anda, mulai dari kata sambutan (greeting), pelayanan yang cepat tanggap, hingga penyerahan kendaraan jangan lupa selalu ucapkan terima kasih pada pelanggan anda.


6. Produk Cucian

Gunakanlah produk yang berkualitas untuk usaha cucian anda, terutama yang aman dan ramah lingkungan, sehingga limbah bekas cucian tidak merusak lingkungan disekitar anda.


Demikian tips singkat usaha cuci agar ramai pengunjung, semoga tips ini bermanfaat dan anda mendapat gambaran dalam membuka usaha cuci mobil dan motor.